My SchooL

My SchooL
We are studying here

Senin, 05 Maret 2012

RICKE

karakteristik siswa SD yang saya temui di kelas 5 SD N 16 Seluma
  1. Senang bermain.
Karakteristik ini menuntut guru SD untuk melaksanakan kegiatan pendidikan yang bermuatan permainan. Guru sudah mengembangkan model pengajaran yang serius tapi santai.
 2. Senang bergerak,
Orang dewasa dapat duduk berjam-jam, sedangkan anak SD dapat duduk dengan tenang paling lama sekitar 30 menit. Oleh karena itu, guru merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak berpindah atau bergerak. Menyuruh anak untuk duduk rapi untuk jangka waktu yang lama, dirasakan anak sebagai siksaan.
 3. Anak senang bekerja dalam kelompok.
Dari pergaulanya dengan kelompok sebaya, anak belajar aspek-aspek yang penting dalam proses sosialisasi, seperti: belajar memenuhi aturan-aturan kelompok, belajar setia kawan, belajar tidak tergantung pada diterimanya dilingkungan, belajar menerimanya tanggung jawab, belajar bersaing dengan orang lain secara sehat (sportif), mempelajarai olah raga dan membawa implikasi bahwa guru  merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak untuk bekerja atau belajar dalam kelompok, serta belajar keadilan dan demokrasi. Karakteristik ini membawa implikasi bahwa guru merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak untuk bekerja atau belajar dalam kelompok. Guru dapat meminta siswa untuk membentuk kelompok kecil dengan anggota 3-4 orang untuk mempelajari atau menyelesaikan suatu tugas secara kelompok.
4. Senang merasakan atau melakukan/memperagakan sesuatu secara langsung.
Ditunjau dari teori perkembangan kognitif, anak SD memasuki tahap operasional konkret. Dari apa yang dipelajari di sekolah, ia belajar menghubungkan konsep-konsep baru dengan konsep-konsep lama. Berdasar pengalaman ini, siswa membentuk konsep-konsep tentang angka, ruang, waktu, fungsi-fungsi badan, jenis kelamin, moral, dan sebagainya. Bagi anak SD, penjelasan guru tentang materi pelajaran akan lebih dipahami jika anak melaksanakan sendiri, sama halnya dengan memberi contoh bagi orang dewasa. Dengan demikian guru erancang model pembelajaran yang memungkinkan anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Sebagai contoh anak akan lebih memahami tentang solat jika langsung dengan prakteknya. ((((semoga bermanfaat bagi kita semua))) :)

MARETA

BUAT ANAK2 RSDBI 16 KHUSUS NYA KELAS IV A, BELAJARLAH DENGAN GIAT KARENA SEBENTAR LAGI MAU ULANGAN

Sabtu, 03 Maret 2012

PK GURU

BUAT GURU-GURU SDN 16 SELUMA

PESAN DARI LPMP BERSIAP-SIAPLAH UNTUK MEMAHAMI SECARA JELAS DAN MENYELURUH TENTANG PENILAIAN KINERJA GURU (PKG).
TAHUN 2012 ADALAH MASA SOSIALISASI DAN DESIMINASI

SEMOGA TAHUN 2013 KITA SEMUA SUDAH PAHAM DAN SIAP BERKINERJA.

AYO  MAJU TERUS PANTANG MUNDUR !!!

your headmater
aris